Jumat, 09 Desember 2011

Ada yang tau gynaecomastia?


Apa itu gynaecomastia?

Gynaecomastia (atau biasa dikenal dengan “payudara pria” )  adalah membesarnya jaringan payudara pada pria. Biasanya dimulai dengan adanya massa seperti karet atau lebih kaku dibawah putting yang kemudian di area payudara. Hal ini merupakan hasil dari pembengkakan dari kelenjar bukan jaringan lemak. 

Dari sebagian besar kasus yang terjadi, pembengkakan terjadi di kedua payudara; sebagian lagi hanya terjadi pada satu payudara. Gynaecomastia dapat terjadi pada pria dengan umur dan berat badan berapa pun. Pria obesitas dapat terlihat seperti memiliki “payudara” hal ini dikarenakan adanya lemak diseluruh tubuh termasuk payudara, tetapi ini bukan gynaecomastia.

Apa penyebab utamanya?

Gynaecomastia biasanya muncul di masa bayi, pubertas dan usia lanjut. Semua pria memiliki hormon seks testoteron dengan sedikit hormon seks estrogen yang mengendalikan pertumbuhan jaringan payudara. Ketika perbandingan ini berubah (ketidakseimbangan hormon dimana jumlah hormon  estrogen lebih  tinggi) maka jaringan payudara akan tumbuh. Beberapa pria dengan gynaecomastia mengalami peningkatan estrogen. 

Sama dengan perubahan hormon yang alami ketika masa puber dan usia lanjut, gynaecomastia juga dapat disebabkan oleh kelainan genetic, penyakit kronis, (terutama penyakit ginjal dan hati) atau penggunaan obat-obatan. Gynaecomastia juga dapat terjadi pada pria yang mengonsumsi anabolic steroid untuk meningkatkan performa atau membantu membentuk tubuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar