Senin, 03 Juni 2013

Cara Melawan Obesitas (Bagian 1)

Obesitas atau kondisi bobot tubuh yang jauh melampaui berat tubuh normal, selain bisa membuat penampilan tak menarik juga bisa mengganggu kenyamanan bergerak. Selain itu juga mengundang munculnya berbagai penyakit kronis seperti hipertensi, diabetes, penyakit jantung, bahkan kanker.


Badan Kesehatan Dunia (WHO) mengindikasikan bahwa ada 1,6 miliar orang berusia di atas 15 tahun di dunia yang memiliki berat badan berlebihan. Dari jumlah tersebut, setidaknya 400 juta orang di dunia masuk dalam golongan obesitas.

Yang dimaksud dengan golongan obesitas adalah mereka yang memiliki indeks massa tubuh (berat dalam kilogram dibagi kuadrat tinggi badan dalam sentimeter) yang lebih dari 30. Sementara kegemukan adalah golongan di bawah obesitas dengan indeks massa tubuh lebih dari 25.

Bahkan, WHO telah memprediksikan bahwa pada 2015, sekitar 2,3 miliar juta orang di dunia memiliki berat badan berlebih dan lebih dari 700 juta orang tergolong obesitas. Menyadari hal ini, banyak orang berusaha diet, tapi terkadang terlalu memaksakan diri. Padahal menurunkan berat badan secara berlebihan dan memaksa bisa membahayakan kesehatan. Sebenarnya bagaimana cara menurunkan berat badan yang aman?

Penurunan berat badan yang aman untuk tubuh hanya boleh berkurang 0,5-1 kilogram berat badan perminggu, atau 2-4 kilogram berat badan perbulan. Bagi mereka yang obesitas dan ingin menurunkan berat badan, prinsip yang harus dicamkan adalah sebagai berikut:

1) Turunkan berat badan secara bertahap

2) Tingkatkan olah raga secara bertahap
     Dalam berolah raga durasi dan intensitas olahraga ditingkatkan secara bertahap. Bagi mereka penderita obesitas tidak dianjurkan untuk jogging. Mereka juga diharuskan untuk sering minum air putih sebelum, selama dan setelah olahraga serta menggunakan pakaian tipis saat berolahraga. Apabila ketika olahraga muncul keluhan jantung berdebar, nyeri dada dan lainnya lebih baik istirahat sejenak,

3) Jangan hilangkan makan malam sama sekali TAPI turunkan jumlah kalori yang dikonsumsi saat makan malam.
    Perlu juga mengusahakan untuk menghindari konsumsi makanan berminyak. Karena 1 sendok makan minyak bisa mengandung sampai dengan 90 kalori.

Menurunkan berat badan sedikit demi sedikit akan lebih aman, daripada dalam waktu singkat berhasil menurunkan berat badan drastis, namun dampaknya selain tidak baik untuk kesehatan. Penurunan drastis bobot tubuh malah bisa kembali lagi membuat tubuh menjadi lebih gemuk.

Penurunan berat badan yang dilakukan bertahap 5-10 persen akan bermanfaat untuk tubuh. Manfaat lainnya adalah membantu memperbaiki kontrol gula darah, tekanan darah, kolesterol, gangguan tidur seperti mendengkur dan radang sendi akibat kegemukan.


Selamat mencoba!
dr. Mangatas Manalu Sp. PD


Untuk konsultasi lebih lanjut dengan dr. Mangatas silakan hubungi Angsamerah Clinic



diedit oleh:
dr. Gina Anindyajati


Angsamerah Clinic
Graha Media Building Lt.2
Jl. Blora 8-10, Menteng, Jakarta Pusat 10310
+6221-3915189

Tidak ada komentar:

Posting Komentar